Bima The pRoses

3 January 2015

Tips Membeli Rumah (Cara menghindari kemungkinan penipuan)

Filed under: Beritaku — @bima_kurniawan @ 9:49 pm
Tags: , ,

Banyaknya perumahan yang diperjualbelikan membuat para sekelompok orang tak bertanggung jawab memnafaatkannya untuk menjadi ajang penipuan, sudah banyak korban berjatuhan akibat lemahnya pengawasan dan kewaspadaan konsumen, Rekan bloger kali ini saya akan membagikan tips menurut saya pribadi, sebelum membeli rumah agar tidak menjadi korban penipuan,
silahkan di cermati…

Featured image

1. Pastikan Sertifikatnya pecah dengan cara minta copi shm pecahan cek ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kota setempat bila perlu dengan cara ke notaris atau langsung datang ke BPN.

2. Pastikan IMB Perumahan sudah keluar, langsung mintakan copinya saja Bisa ragu langsung tanyakan ke Tata Kota setempat.

3. Jangan terpengaruh dengan harga rumah yang terlampau murah, misalnya idealnya harga rumah RSH 88 Juta – 105 juta untuk yang standart, bila lebih murah dari itu, anda mesti lebih waspada perhatikan point 1 dan 2.

4. Bila anda Membeli cash keras, lakukanlan pembayaran secara bertahap misal dp 20 juta, langsung adakan perjanjian jual beli ke notaris, jangan sampai janji manis lalu menggunakan kwitansi saja, bahaya, kecuali Developer bonafit artinya track record nya bagus dinilai dari proyek sebelumnya.

5. Dalam Pembayaran bertahap tadi anda juga bisa memantau spesifikasi bangunan ataupun proses pembangunan apakah sesuai dengan yang dijanjikan.

6. Usahakan Membeli Rumah yang ready stock, namun jarang sekali rumah yang ready stock, kebanyakan inden.

7. Menggunakan fasilitas KPR Salah satu cara aman untuk membeli rumah biasanya bank lebih cermat memperhatikan point 1 dan 2, namun tetaplah waspada dan perhatikan point 1 dan 2 karena itulah hal yang paling krusial karena pegawai bank juga manusia bisa khilaf ataupun dimanipulasi.

8. tanyakan notaris rekanan Developer siapa saja, lalu datang lah kenotaris tersebut dan tanyakan ke notaris seputar developer tersebut.

itulah tips sederhana dari saya pribadi dalam membeli rumah pada developer perumahan, semoga anda tidak menjadi korban selanjutnya dari segelintir oknum penipuan.

Selamat memiliki Rumah Baru, atau bila ragu silahkan tanyakan langsung ke saya bisa via-email.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: