Bima The pRoses

29 August 2012

Menjadi keluarga besar ditanah rantau

Rasa tenggang rasa seakan menjadi lebih besar ketika ketika mengetahui orang tersebut memiliki kesamaan dengan kita apalagi mempunyai kesamaan asal daerah saat berada nan jauh dari tanah kelahiran ini seakan mengobati rindu dikala kesamaan bahasa, makanan bisa ditebus ditanah rantau . Ayahku bambang berasal dari Desa kalijawa kampung sigih kecamatan monta kabupaten Dompu Nusa Tenggara barat, merantau sejak tahun 1984 ke Palembang , ayahku sangat senang dan antusias apabila menemui orang yang berasal dari daerah yang sama yah setidaknya mempunyai bahasa khas daerahnya ini bagai menjadi sinyal atau cirri untuk saling mengenali.

Dulu ayahku datang pertama kali di Palembang ditampung oleh kakek samsudin ini dia seorang yang mempunyai jasa besar atas apa yang didapatkan ayahku hingga bisa sejauh ini, kakek sam ini berasal dari desa Renda kecamatan Belo kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Banyak orang “bima” (sebutan untuk orang yang berasal dari daerah yg sama yaitu NTB) yang di tampung dan dibesarkannya di kota pempek ini. Ini bagai menjadi tradisi yg mengalir terus menerus, sebaliknya ayahku yang juga beberapa kali berbuat hal yang sama seperti dilakukan oleh om sam.


Dulu sangking banyaknya orang “bima” ini di Palembang sampai sampai dibuat arisannya untuk membuat agar persatuan dan keluarga besar tetap terjaga, saat saya kecil dulu sering diajak silaturahmi kerumah rumah orang “bima” ini dekat sekali rasanya, tapi sekarang sudah jarang sekali untuk berkumpul, bahkan arisannya pun sudah dibubarkan sejak lama. Moment berkumpul paling pada hari hari besar serta acara tertentu.
Jika ada rekan yang membaca blog ini dan berasal dari daerah yang sama silahkan komentar dan tinggalkan contact, agar bisa berkomunikasi di kota Palembang ini agar kembali menjadi keluarga besar ditanah rantau, Thanks,

14 Comments »

  1. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung🙂
    Sama, orang-orang Batak yang di perantauan juga biasanya bikin perkumpulan dan arisan. Namanya di rantau, kalau ada teman sedaerah kan rasanya gimana gitu😀

    Comment by Ceritaeka — 30 August 2012 @ 8:26 pm | Reply

    • iya bener sekali itu, enak sekali rasanya,,,,
      walaupun jauh rasanya seperti berada di tanah kelahiran sendiri

      Comment by @bima_kurniawan — 31 August 2012 @ 2:11 am | Reply

  2. Rasa kekeluargaan sesama daerah terasa begitu kental jika berada ditanah rantau, salam kenal gan

    Comment by satar — 30 August 2012 @ 8:33 pm | Reply

    • bener sekali gan, semoga ketika saya merantau nanti, hal semacam ini bisa saya temukan. salam kenl juga gan,😉

      Comment by @bima_kurniawan — 1 September 2012 @ 12:46 am | Reply

  3. sama spt di sini, senneg sekali kalau ketemu sama sama dr tanah air

    Comment by Ely Meyer — 30 August 2012 @ 11:02 pm | Reply

  4. wah Bim, dari Bima ya🙂

    kita sama sama orang NTB berarti, memang menyenangkan bertemu orang sedaerah di tanah rantau, ga kenal tapi rasa persaudaraan pasti kental sekali🙂

    Comment by Mila — 1 September 2012 @ 4:32 pm | Reply

    • Mila NTB dimananya, kalo bima nanti pulang kampung boleh dong mampir ke rumahmu mil,🙂

      Comment by @bima_kurniawan — 1 September 2012 @ 4:36 pm | Reply

      • saya asli Lombok timur, klo ke Bima pasti lewat rumah saya🙂. klo perjalanan darat ……

        silakan mampir kalo sempat😉

        Comment by Mila — 1 September 2012 @ 4:38 pm

  5. oh lombok timur ya mil, oke deh, ntar kalo bima pulang kampung bima contact mila lagi aja,🙂,,

    Comment by @bima_kurniawan — 1 September 2012 @ 4:54 pm | Reply

  6. Kunjungan balik nih…Gan, salam sukses

    Comment by H Onnie S Sandi SE — 3 September 2012 @ 10:30 pm | Reply

  7. ternyata bima wong ntb toh. kirain wong jowo ;p

    Comment by dora — 21 September 2012 @ 1:16 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: