Bima The pRoses

11 January 2011

INGATAN

Filed under: Catatan Kecil,Tentang Psikologi — @bima_kurniawan @ 7:10 am
Tags:

A. Pengertian

Apa yang telah pernah dialami oleh manusia tidak sepenuhnya hilang, tetapi disimpan dalam jiwanya. Dan apabila dibutuhkan hal-hal yang disimpan itu dapat ditimbulkan kembali dalam alam kesadaran.

Dengan demikian maka ingatan itu merupakan kemampuan yang berkaitan dengan kemampuan menerima atau memasukkan (learning), menyimpan (retention) dan menimbulkan  kembali (remembering) hal-hal yang telah lampau.

Dari hal tersebut diatas dapat dikemukakan bahwa ingatan merupakan kemampuan psikis untuk memasukkan, menyimpan, dan menimbulkan kembali hal-hal yang lampau.

Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa ingatan dapat dibedakan antara lain:

1. Short-term memory, yaitu apabila jarak waktu antara pemasukan stimulus dan penimbulan kembali sebagai memory output berkisar antara 20-30 detik.

2. Long-term memory, selebihnya dari waktu short-term memory.

3. Sensory memory, waktunya lebih pendek lagi yaitu kira-kira 1 detik.

  • Fungsi Memasukkan (learning)

Dalam ingatan yang disimpan adalah hal-hal yang pernah dialami  oleh seseorang. Bagaimana cara seseorang memperoleh pengalaman dibedakan dalam dua cara, yaitu:

1. dengan cara tidak sengaja, yaitu apa yang dialami seseorang dengan tidak sengaja itu dimasukkan dalam ingatannya.

2. dengan cara sengaja, yaitu apabila seseorang dengan sengaja memasukkan pengalaman-pengalamannya, pengetahuan-pengatahuannya ke dalam psikisnya.

Cepat atau lambat seseorang memasukkan apa yang dipersepsi atau apa yang dipelajari itu merupakan sifat ingatan yang berkaitan dengan kemampuan memasukkan (learning).

  • Fungsi Menyimpan

Fungsi kedua dari ingatan adalah mengenai penyimpanan (retention) apa yang dipelajari atau apa yang dipersepsi.

Sekalipun dengan memory traces (jejak-jejak) memungkinkan seseorang mengingat apa yang telah pernah dipelajari atau telah pernah dipersepsi. Tetapi tidak berarti bahwa semua memory traces pada suatu waktu dapat hilang, dalam hal ini orang mengalami kelupaan.

Di samping memory traces itu dapat hilang, memory traces memungkinkan bagian-bagiannya akan berubah, sehingga apabila ditimbulkan kembali untuk diingat, apa yang muncul tidak seperti pada waktu dipelajari hal tersebut. Ada bagian-bagian yang hilang yang tidak dapat diingat kembali.

Sehubungan dengan masalah retensi atau penyimpanan dan juga mengenai masalah kelupaan, suatu persoalan yang timbul ialah soal interval, yaitu jarak waktu antara memasukkan atau mempelajari dan menimbulkan kembali apa yang dipelajari.

Mengenai interval dapat dibedakan atas:

1. Lama Interval, yaitu berkaitan dengan lamanya waktu antara waktu pemasukkan bahan (act of leaerning) sampai ditimbulkannya kembali bahan itu
(act of remembering). Lama interval berkaitan dengan kekuatanb retensi (kekuatan menyimpan).

2.   Isi Interval, yaitu berkaitan dengan aktivitas-aktivitas yang terdapat atau mengisi interval. Aktivitas-aktivitas yang mengisi interval akan merusak atau mengganggu memory traces, sehingga kemungkinan individu akan mengalami kelupaan.

  • Fungsi Menimbulkan Kembali

Dalam menimbulkan kembali apa yang disimpan dalam ingatab dapat ditempuh dengan

1. mengingat kembali (to recall)

Pada mengingat kembali orang dapat menimbulkan kembali apa yang diingat tanpa dibantu dengan adanya objek sebagai stimulus untuk dapat diingat kembali.

2. mengenal kembali (to recognize)

Pada mengenal kembali orang dapat menimbulkan kembali apa yang diingat atau yang telah pernah dipelajari dengan bantuan adanya objek yang harus diingat. Jadi dalam mengenal kembali orang dibantu dengan adanya objek yang perlu ditimbulkan kembali.

Karena pada mengenal kembali orang dibantu dengan adanya objek, maka besar kemungkinannya apa yang tidak dapat diingat kembali dapat dikenal kembali oleh seseorang. Tetapi tidak berarti bahwa pada mengenal kembali akan selalu benar atau selalu tepat.

sumber : Buku Karangan Ibu Rina Dosen psikologi Bina Darma

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: